KEWIRAUSAHAAN

KEWIRAUSAHAAN

 

 

DESKRIPSI

Dalam rangka usaha menumbuh kembangkan budaya kewirausahaan di Perguruan Tinggi dan menciptakan para calon pengusaha muda terdidik ataupun pengusaha pemula, perlu dilakukan pembinaan dan pengembangan melalui program kuliah kewirausahaan bagi mahasiswa sebagai calon pengusaha muda terdidik yang dilaksanakan melalui kegiatan perkuliahan didalam kelas dan praktek di lapangan berupa pendampingan usaha kecil dan menengah. Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa akan memiliki pemahaman yang mendalam tentang bidang kewirausahaan dan kemampuan yang baik tentang bagaimana menciptakan, merancang unit usaha baru dan bagaimana mengoperasikan unit usaha tersebut agar bisa sukses.

Mata kuliah ini juga memberikan kamampuan bagaimana mengembangkan suatu unit usaha yang telah ada secara baik sesuai dengan kaidah berbisnis yang benar.

Mata kuliah ini juga akan mengembangkan strategi-strategi bidang pemasaran, keuangan dan produksi serta organisasi untuk bisnis kecil maupun bisnis pemula yang kini sedang berkembang di Indonesia.

 

TUJUAN

Kuliah kewirausahaan diprogramkan untuk memperoleh pengetahuan kewirausahaan dan pengalihan pengalaman berwirausaha, sebagai aktivitas awal bagi mahasiswa yang berminat menjadi wirausaha baru serta mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh pengusaha kecil dan menengah dalam usaha bisnisnya serta memberikan alternatif solusi bagi pemecahan permasalahan yang ada.

 

Tujuan Umum :

  1. Merupakan suatu bentuk pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa ekstensi Fakulltas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan dalam bentuk pendampingan kepada pengusaha kecil menengah.
  2. Memberikan bantuan konsultasi kepada pengusaha kecil dan menengah agar usaha yang dijalankan dapat memberikan hasil yang lebih baik lagi.

 

Secara khusus tujuan perkuliahan ini adalah :

  1. Meningkatkan pemahaman tentang kewirausahaan dikalangan mahasiswa maupun alumni agar mampu menjadi wirausahawan yang berwawasan jauh ke depan dan luas berbasis ilmu yang telah diperoleh.
  2. Meningkatan pemahaman manajemen, memperkenalkan cara melakukan akses informasi, pasar, teknologi, cara pembentukan jaringan kemitraan usaha dan akses pendukung lainnya bagi mahasiswa agar lebih siap dalam mengelola usaha.
  3. Meningkatkan pertumbuhan calon wirausahgaan baru dari kalangan mahasiswa dan alumni perguruan tinggi.

 

POKOK-POKOK BAHASAN

  1. Pengertian, karakteristik, ciri dan falsafah kewirausahaan
  2. Identifikasi peluang usaha baru, evaluasi usaha baru dan sumber pendanaannya
  3. Identfikasi usaha kecil, menengah, waralaba dan bentuk kepemilikan lainnya
  4. Perencanaan strategi bersaing
  5. Perencanaan pemasaran, operasional
  6. Perencanaan dan pengendalian keuangan
  7. Perencanaan sumber daya manusia, organisasi kewirausahaan dan perilaku organisasi
  8. Kepemimpinan dan Motivasi dalam kewirausahaan
  9. Pengambilan keputusan
  10. Pengawasan
  11. Pengembangan dan akhir suatu usaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s